BLOG NYA PA ENDANG MUHTADIN

Selasa, 18 Desember 2018

Membuat Media Pembelajaran Peta Interaktif

Asssalamualaikum Bapak/Ibu sekalian, bertemu kembali dengan guruteika. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat media pembelajaran peta interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline. Media pembelajaran ini cocok digunakan oleh guru SD atau guru mata pelajaran IPS di SMP atau guru Geografi di SMA.

Pada contoh ini, saya akan membuat media pembelajaran : Peta Wisata Pelabuhanratu

  • Buka Articulate Soryline
  • Klik ganda pada gambar slide ditengah layar Storyline
  • Maka tampilan Story view berubah menjadi tampilan Slide view
  • Tampak ada satu buah slide kosong, pada slide kosong ini kita akan masukkan sebuah gambar peta. Bapak/Ibu bisa mencari gambar petanya di Google pada bagian gambar/image. Untuk memasukkan gambar kita klik tab Insert,  kemudian klik ikon Picture, pilih/klik gambar yang akan kita masukkan lalu klik Open. Maka sekarang gambar petanya sudah masuk kedalam slide.
  • Untuk menambahkan elemen interaktifnya kita akan gunakan marker. marker ini akan kita tempatkan pada setiap titik lokasi yang akan diberi tambahan informasi. Untuk yang pertama misalkan marker akan kita tempatkan pada titik Inna Samudra Beach Hotel. Untuk kelengkapan marker saya sudah menyiapkan teks tentang Inna Samudra, gambarnya dan sebuah lagu. 
  • Untuk membuat marker, klik tab Insert, lalu klik Marker, pilih satu gambar kecil untuk simbol markernya. letakkan marker tersebut pada titik yang dinginkan, untuk jelasnya perhatikan video berikut
  • Selanjutnya kita akan menambahkan gambar dan audio pada marker tersebut, perhatikan video nya

  • Selanjutnya kita tambahkan marker pada titik titik lokasi yang yang lainnya. Setelah selesai untuk melihat hasilnya kita klik tab Preview. Hasilnya bisa dilihat pada video berikut ini:

Dari video itu bisa kita lihat jika marker ditunjuk dengan mouse maka akan muncul nama dari lokasi yang ditunjuk, dan apabila marker tersebut diklik maka informasi lengkap mengenai hal tersebut akan muncul.

Demikian Bapak/Ibu cara membuat media pembelajaran Peta Interaktif menggunakan Articule Storyline. Terima kasih.
Share:

Senin, 17 Desember 2018

Seri Tutorial Storyline : #1. Slide Pertama Anda


Buka Storyline anda, pada  bagian sebelah kiri tampilan awal Storyline yang berwarna biru, klik New Project. Pada halaman utamanya kita bisa melihat tab Menu yang terdiri dari : File, Home, Insert, Animations, Transitions, View dan Help .

Kedepannya sebagian besar pekerjaan kita berada pada tab Insert. Pada tab ini kita bisa menambahkan Slide dan berbagai jenis konten baik konten statis, seperti gambar dan video maupun konten interaktif seperti tombol perintah misalnya.

Untuk selanjutnya silahkan buka halaman 2 dengan klik angka 2 di bawah ini:
Pages: 1 2 3
Halaman :   
Share:

Minggu, 16 Desember 2018

Augmented Reality Untuk Kampanye Pileg Atau Pilpres


Jelang PEMILU serentak 2019 jalan jalan di seluruh pelosok negeri ini sudah dipenuhi oleh atribut atribut kampanya, baik atribut partai, caleg bahkan atribut pilpres. Kadang banyaknya atribut ini dapat mengganggu estetika dan keindahan kota, namun fihak fihak yang berkepentingan nampaknya tak peduli yang penting citra diri mereka bisa sampai kepada masyarakat luas. Tetapi apakah semua hal yang berkaitan dengan calon tersebut bisa semuanya dimuat dalam sebuah poster, tentunya tidak.
Tetapi ada satu cara kreatif untuk menampilkan banyak hal tentang seorang caleg tanpa harus menampilkan semua hal dalam sebuah poster, yaitu dengan menggunakan teknologi augmented reality. Teknologi ini sudah banyak digunakan untuk mengiklankan sebuah produk agar tampak lebih menarik dan interaktif. Contoh iklan yang mengaplikasikan teknologi ini bisa dilihat pada video berikut ini.


Dari contoh video tersebut kita bisa saksikan sebuah produk yang jika dihadapkan dengan kamera HP kemudian akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan produk tersebut. Dengan menscan gambar atau produk tersebut di layar HP muncul informasi baik berupa teks, grafis, audio maupun video. Sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk tersebut.





Cara yang sama bisa digunakan para Caleg atau Tim sukses untuk menampilkan informasi dalam beragam format sehingga bisa lebih menarik, khususnya bagi para pemilih milenials. Untuk itu kita bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti HP Reveal atau Blippar.



Share:

Kamis, 13 Desember 2018

Mengelola Player Articulate Storyline












Share:

Selasa, 04 Desember 2018

Aplikasi Android Untuk Guru Matematika dan IPA

Kegiatan mengukur panjang, jarak, sudut dan sebagainya merupakan kegiatan yang menarik bagi siswa. Meteran, penggaris, busur, adalah beberapa alat ukur dasar yang harus dikuasai oleh siswa. sebagai variasi dalam pembelajaran kita bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi yang bisa menggantikan alat alat tersebut.

Pertama, untuk kegiatan pembelajaran mengukur jarak suatu benda kita bisa menggunakan aplikasi Smart Distance dari Smart Tools

Kedua, untuk mengukur kemiringan atau sudut kita bisa menggunakan aplikasi Smart Protractor, dengan aplikasi ini kita bisa mengukur sudut dengan beberapa mode. mode pertama dengan meletakkan benda yang akan diukur sudutnya langsung pada layar HP.  mode lainnya adalah mengukur melalui kamera HP


Masih ada beberapa aplikasi dari Smart Tools yang sangat menarik jika diaplikasikan dalam pembelajaran seperti Smart Measure dan Smart Ruler. Dengan sedikit kreativitas penulis yakin Bapak/Ibu guru terutama guru SD atau guru Matematika/IPA bisa mengaplikasikannya menjadi sebuah model pembelajaran yang menarik


Share:

Kamis, 22 November 2018

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi

Pada akhir tahun 2018 ini Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional meluncurkan  program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan salah satu pendukung program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP Berbasis Zonasi. Untuk melihat pembagian zonasi bisa dilihat di halaman : http://zonasi.data.kemdikbud.go.id/ .

Untuk itu maka Dirjen GTK akan menyiapkan Nara Sumber (NS), Instruktur Nasional (IN) dan Guru Inti (GI) yang akan menjadi pendamping dalam kegiatan tersebut. Adapun syarat untuk menjadi  IN dan GI adalah sebagai berikut :

  • Instruktur Nasional (IN) adalah widyaiswara LPMP atau guru terbaik yang ada di provinsi/Kabupaten/Kota dengan Skor UKG > 81 dan modul di bawah KCM <= 2 
  • Guru Inti (GI) adalah guru terbaik yang ada di Provinsi/Kabupaten/Kota dengan Skor UKG > 75 dan modul di bawah KCM <= 2
Demikian Bapak/Ibu gambaran tentang Program PKP ini, semoga bermanfaat.


Share:

Rabu, 21 November 2018

Mengaplikasikan Augmented Reality Dalam Pembelajaran

Beberapa waktu lalu ribuan orang kecanduan bermain game Pokemon Go. Pokemon Go merupakan permainan yang menggabungkan dunia (objek) nyata dengan dunia atau objek maya (virtual). Istilah untuk menggabungkan objek nyata dengan objek maya seperti itu dikenal sebagai augmented reality.

;
Tentunya akan sangat menarik jika pembelajaran dirancang seperti permainan pokemon Go tersebut. Objek objek nyata seperti kertas misalnya ketika discan dengan kamera HP kemudian akan memunculkan objek objek virtual yang menarik seperti animasi, audio, atau video.




Tentunya Bapak/Ibu akan berpikir, hal itu memang menarik tetapi apakah kita bisa membuatnya? 
Bisa. Karena saat ini tidak terlalu sulit untuk membuat hal seperti itu. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah aplikasi bernama Aurasma Studio (Sekarang berganti nama menjadi HP Reveal Studio, Klik Disini untuk membuat akunnya
Contoh skenario pembelajarannya:
Dalam sebuah kelas Bahasa Inggris, seorang guru akan menjelaskan topik tentang binatang.
  1. Buatlah kelompok siswa sesuai dengan pengelompokkan binatang, misalnya Mamalia, Burung, Reptil dsb.
  2. Buatlah lembar kerja yang memungkinkan siswa mengelompokkan binatang binatang tersebut serta memberi deskripsi singkat tentang binatang tersebut
  3. Tuliskan nama nama binatang itu dalam selembar kertas untuk setiap nama binatang
  4. Carilah di internet, file suara, dan gambar binatang binatang tersebut.
  5. Sematkan file tersebut dengan objek nyata berupa kertas yang bertuliskan nama binatang menggunakan aplikasi Aurasma.
  6. Tempelkan kertas kertas tadi di tempat tempat yang agak tersembunyi
  7. Pasang aplikasi Aurasma (HP Reveal) di HP Siswa. 
  8. Perintahkan siswa mencari kertas kertas tadi lalu jika ketemu arahkan HP siswa pada kertas tersebut. Maka ketika kamera tersebut mengarah ke kertas tadi, di HP Siswa akan muncul suara atau gambar yang berkaitan dengan nama binatang tersebut.
  9. Setelah selesai siswa kembali ke tempat duduk masing masing untuk mengerjakan lembar kerjany
Demikian Bapak/Ibu sebuah contoh sederhana mengaplikasi Augmented Reality dalam pembelajaran. Bapak/Ibu guru tentunya akan dapat merancang pembelajaran yang lebih menarik lagi. Semoga bermanfaat... Salam guru pembelajar!





Share:

VISI SMPN 1 CIKAKAK

TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAHLAKUL KARIMAH, BERPRESTASI, ANTUSIAS DAN RELIJIUS

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive


Recent Posts

Tags

Recent Comments

Followers