BLOG NYA PA ENDANG MUHTADIN

Senin, 14 Januari 2019

Admistrasi Guru , Tinggalkan!

Assalamualaikum Wr.Wb.

Mengajar itu tugas berat. Mengajar itu adalah berbagai cara dan upaya untuk membuat siswa belajar. Ketika mengajar guru adalah seorang motivator, fasilitator, tutor, instruktur bahkan edukator. Guru harus memikirkan berbagai model, metode, teknik dan media agar siswa dapat belajar dengan sukses. Untuk itu diperlukan kerja intelektual yang terus menerus. Namun selama ini kelihatannya fokus kita tampaknya bukan itu. Kita seringkali lebih fokus untuk membuat administrasi pembelajaran yang bermacam macam.dan berulang ulang. Apakah administrasi tidak penting? Tentu bukan itu maksudnya, administrasi pembelajaran juga sama pentingnya dengan pelaksanaan pembelajaran, tetapi jika teknologi bisa membuat kerja guru jadi lebih ringan mengapa tidak kita coba.

Jika tugas tugas administrasi bisa dibantu oleh teknologi, guru bisa lebih fokus kepada kerja intelektual untuk mengerahkan berbagai upaya agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik kualitasnya.

KI, KD, Kalender Pendikan, Silabus, RPP, KKM, Agenda, Daftar hadir, Daftar nilai, Agenda, Bank Soal, Analisis Hasil ulangan dan sebagainya bisa dibuat dan disimpan dalam perangkat teknologi informasi seperti Laptop, Tablet, atau Smartphone. Saya kira tidak terlalu urgen kalau administrasi seperti harus dibuat printoutnya. Laporan laporan administrasi bisa dikirim atau dilihat tanpa harus dicetak. Guru, misalnya bisa membagikan laporan kehadiran, laporan penilaian secara real time kepada fihak fihak berkepentingan seperti Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan atau bahkan orangtua siswa melalui teknologi informasi. Banyak aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan semua itu. Tinggal kita, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan birokrasi pendidikan punya kemauan untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Yang saya lihat selama ini, hampir semua stake holder pendidikan belum memiliki visi teknologi informasi. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan atau Dinas Pendidikan perlu duduk bersama dengan fihak fihak yang memiliki visi atau wawasan teknologi informasi untuk membuat semacam blueprint administrasi pembelajaran, bahkan pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya. Terima Kasih
Wassalam.

Share:

3 komentar:

  1. Okay then...

    What I'm going to tell you may sound really creepy, and maybe even a little "out there..."

    WHAT if you could just push "PLAY" and listen to a short, "musical tone"...

    And INSTANTLY bring MORE MONEY to your LIFE??

    And I'm talking about thousands... even MILLIONS of DOLLARS!!

    Do you think it's too EASY?? Think it couldn't possibly be REAL???

    Well, Let me tell you the news..

    Usually the greatest blessings in life are the SIMPLEST!!

    Honestly, I will PROVE it to you by allowing you to PLAY a REAL "magical abundance tone" I developed...

    (And COMPLETELY RISK FREE).

    You just push "PLAY" and you will start having more money come into your life... starting almost INSTANTLY...

    CLICK here now to PLAY the magical "Miracle Abundance Tone" as my gift to you!!

    BalasHapus
  2. Mantaaap,saya setuju sekali, saatnya guru bergerak maju.Tapi sayangnya jumlahnya masih sedikit.

    BalasHapus
  3. Tetap harus dikerjakan sebagai prosedur tetap tugas guru hanya saja dibuatkan lebih praktis dan efisien sebagai bukti KBM agar dapat dievaluasi dan ditingkatkan

    BalasHapus

VISI SMPN 1 CIKAKAK

TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAHLAKUL KARIMAH, BERPRESTASI, ANTUSIAS DAN RELIJIUS

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive


Recent Posts

Tags

Recent Comments

Followers