BLOG NYA PA ENDANG MUHTADIN

Kamis, 04 Oktober 2018

Periksa Ulangan, Pake HP Saja. (bagian 1)

Bapak/Ibu guru sekalian, kali ini kita akan membahas cara memeriksa ulangan pilihan ganda dengan menggunakan ponsel android.



Pengalaman penulis dulu, jika memeriksa ulangan pilihan ganda penulis menggunakan satu lembar LJK kunci yang sudah dibolongi dengan obat nyamuk bakar pada opsi kunci jawabannya. Sekarang? Masihkah Bapak/Ibu menggunakan cara ini? Sekarang ada cara yang lebih praktis dan mudah yaitu dengan menggunakan kamera HP kita untuk memindai lembar jawaban siswa, hasil pemeriksaan akan langsung tersimpan pada aplikasinya. Nama aplikasinya adalah Zipgrade.

Baiklah bapak/ibu guru, langsung saja kita akan bahas langkah langkah untuk bisa memeriksa ulangan dengan menggunakan HP Android kita :


A. Buat akun di www.zipgrade.com

  1. Buka halaman www.zipgrade.com melalui browser, setelah terbuka klik New User
  2. Lengkapi form yang muncul
  3. Klik kotak term of service sehingga muncul tanda ceklis
  4. Klik tombol Register New User




B. Membuat template LJK
     Setelah sukses membuat akun, langkah selanjutnya adalah membuat form lembar jawaban. adapun langkah nya  adalah

  1. Klik pade menu Answer Sheets
  2. Di halaman ini sudah disediakan beberapa template LJK instant, kita bisa memilih salah satu template tersebut
  3. Tetapi jika kita ingin memuat LJK sesuai dengan keinginan kita, maka kita klik tombol Custom Answer Sheet Wizard
  4. Silhkan lakukan pengaturan lembar jawaban dimulai dengan klik tombol New Answer Sheet, selanjutnya akan muncul form wizzard yang harus kita isi/atur, setiap selesai satu langkah klik tombol next






Pada halam berikutnya kita akan melihat preview dari LJK kita, kalau sudah cocok tinggal klik tombol Publish yang ada di bagian bawah halaman.


pilih tombol pdf untuk mendownload LJK, print lalu gandakan untuk digunakan, bagaimana melakukan pemeriksaannya akan kita bahas pada bagian 2.



Share:

Selasa, 02 Oktober 2018

Absensi Siswa, Pake HP Saja


Masih menggunakan buku absen untuk melakukan absensi siswa? Kalau masih berarti kita belum jadi guru zaman NOW. Zaman Now adalah zaman teknlogi informasi, hampir semua kegiatan sehari hari sudah menggunakan peralatan teknologi informasi. Pada kesempatan ini izinkan Gumanti memperkenalkan sebuah aplikasi yang dapat Bapak/Ibu guru gunakan untuk melakukan pengecekan kehadiran siswa di kelas. Aplikasi ini namanya SAM : Scan Attendance Manager. Dengan SAM kegiatan mengabsen menjadi lebih menarik dan datanya langsung tersimpan di Ponsel Android Bapak/Ibu. Untuk menggunakan SAM, download aplikasinya di : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shmoopy.sam&hl=en Ingin internetan di tivi biasa, beli alat ini Anycast klik disini paling murah cuma Rp.109.000,- Setelah kita unduh, buka aplikasi SAM, maka kita akan melihat tampilan menu : langkah pertama adalah klik menu Manage Classes, tambahkan sebuah kelas baru. Setelah kelas kita buat selanjutnya kita tambahkan siswa ke kelas tersebut dengan klik/tap pada menu Manage Students. Setelah selesai menambahkan siswa, kita buat ID card setiap siswa kirimkan saja ID card siswa tersebut melalui WA, nanti bisa dicetak. Kita bisa melakukan pengabsenan dengan klik menu Scan Attendance lalu arahkan HP kita ke HP Siswa atau ID card siswa, maka data kehadiran siswa akan tersimpan di HP guru. Mudahkan? Selamat mencoba.. para Guru Zaman TI.
Share:

Senin, 17 September 2018

Guru Honorer: Sudah Gaji Sering Terlambat, Eh Masih disebut Guru Ilegal

(foto : Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sungguh terlalu PLT Kadisdik Garut yang menyebut guru honorer sebagai guru ilegal. Sebagai seorang pejabat seharusnya Ia mengetahui kondisi pendidikan di tempatnya. Selama ini lebih dari 70% kegiatan pembelajaran di sekolah sekolah negeri dilakukan oleh para guru honorer. Apalagi di Sekolah Dasar, banyak SD di daerah yang hanya memiliki 1 atau 2 orang guru PNS, selebihnya adalah guru honorer. 



Guru honorer itu, gajinya jauh di bawah UMR dan dibayarnya pun seringkali 3 bulan sekali bahkan kadang lebih jika pemerintah terlambat dalam mencairkan dana BOS.

Kalaupun ia tidak bisa memberikan solusi terhadap permasalahan guru honorer, janganlah membuat pernyataan yang menyakitkan. Wajar jika mereka dan juga rekan rekan mereka yang guru PNS turun untuk berdemo.
Mudah mudahan kelakuan PLT Kadisdik Kab. Garut ini tidak diikurti oleh pejabat pejabat lain.
Share:

Selasa, 11 September 2018

Pesan Selamat Tahun Baru Hijriah Dari Bapak Bupati Sukabumi

Berikut pesan yang disampaikan oleh Bupati Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami , MM dalam rangka menyambut Taun Baru Hijriah 1440 H



Share:

Sabtu, 08 September 2018

Tes Formatif Dengan Aplikasi Plickers.( Bagian 1 : Seting Kelas)


Untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa selama proses pembelajaran, biasanya guru mengadakan tes formatif. Di masa lalu tes seperti ini biasa berupa tes tertulis atau tes lisan, atau kadang cukup guru mengajukan pertanyaan yang cukup dijawab siswa dengan cara mengacungkan tangan. Cara seperti ini kadang lebih efektif karena guru bisa langsung memperkirakan persentasi daya serap siswa. Tetapi saat ini ada cara yang lebih menarik yaitu menggunakan aplikasi plickers.



Dengan aplikasi plickers guru dapat menayangkan pertanyaan di layar, kemudia siswa menjawabnya dengan cara mengangkat sebuah gambar khusus yang mewakili jawaban siswa. Selanjutnya guru akan memindai jawaban siswa tersebut dengan cara mengarahkan kamera smartphone kepada siswa atau sekelompok siswa. Aplikasi plickers akan memeriksa jawaban tersebut dan langsung memberikan hasil jawaban siswa tersebut di layar ponsel.


Bagaimana Bapak/Ibu guru ingin mencobanya? Silahkan unduh dulu aplikasi Plickers di playstore, lalu login dengan akun google anda. Aplikasi ini akan anda gunakan untuk memindai jawaban siswa.

Seting Kelas

Menambahkan Kelas Dan Siswa

Untuk seting kelas kunjungi https://www.plickers.com/ (gunakan browser, baik di PC maupun smartphone), lalu login dengan akun google yang sama dengan di aplikasi.

A. Klik tab Class (1), lalu klik Add new class (2) :



B. Lengkapi Nama kelasnya (1), tingkat (2), dan pelajaran (3), setelah selesai klik tombol save (4)




C. Ketikkan nama siswa lalu tekan enter


Demikian cara membuat kelas dan menambahkan siswa ke dalamnya. Selanjutnya pada bagian 2 tulisan ini kita akan membahas tentang menambhkan soal atau pertanyaan. Natikan kelanjutan tulisan ini .


Share:

Breaking News : Minibus Rombongan Guru Masuk Jurang Di Cisarakan Pelabuhanratu


Sumber :KOMPAS.com/BUDIYANTO

Sebuah bis yang mengangkut rombongan guru dari Jakarta, kemarin malam terjun ke jurang di tanjakan Cisarakan Desa Buniwangi Kecamatan Pelabuhanratu. Dalam kecelakaan tersebut, seorang penumpang bus, Saeful Bahri meninggal dunia. Sementara itu tiga penumpang lainnya mengalami luka berat dan 16 penumpang luka ringan.

Menurut keterangan rombongan guru tersebut akan menuju tempat wisata Geopark Ciletuh, akiibat kurang menguasai medan yang memiliki tanjakan/turunan yang tajam, sopir tidak bisa menguasai kendaraannya.
Share:

Jumat, 07 September 2018

Variasi Pembelajaran Dengan QR Code

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang (https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR)


Selain untuk kepentingan identifikasi produk, QR Code bisa dimanfaatkan guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan sedikit kreativitas guru bisa merancang berbagai jenis teknik pembelajaran yang memanfaatkan QR Code dan HP. (Sebagai referensi bisa kunjungi : https://www.teachstarter.com/blog/10-exciting-qr-code-activity-ideas-for-classroom/)





Berikut adalah sebuah contoh skenario umum pembelajaran dengan QR Code:
Sebelum pelajaran:
  1. Atur siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok membutuhkan setidaknya SATU orang yang memiliki perangkat seluler (catatan: koneksi internet tidak diperlukan).
  2. Mintalah siswa untuk mengunduh pembaca QR (mis. I-Nigma | NeoReader | Kaywa) ke perangkat seluler mereka. Bawa perangkat ini ke dalam kelas/pelajaran.
  3. Siapkan sejumlah pertanyaan yang akan kita ubah menjadi QR Code. 
  4. Kunjungi website QR Treasure Hunt Generator : http://www.classtools.net/QR/ , klik tombol Get Started
  5. Pada halaman berikutnya lengkapi kolom judul quiz, kolom pertanyaan dan jawaban (paling sedikit 5) secara berurutan ke bawah, isi sandi untuk quiz ini . terakhir klik tombol Create the QR Chalange
  6. Akan muncul halaman berisi tautan, klik tautan yang muncul
  7. Setelah itu klik Get the QR Code for each question!
  8. Simpan gambar QR Code (sejumlah pertanyaan +1), QR Code yang paling atas/yang pertama adalah intruksi/pengantar dan QR Code berikutnya adalah pertanyaan yang kita buat.
  9. Cetak gambar QR Code tersebut. Tempelkan gambar QR code tersebut di tempat tempat tertentu di sekitar kelas/sekolah.


B. Pelajaran:
  1. Letakkan kode QR pertama ('introduction')  di papan tulis Anda.
  2. Setiap tim memindai QR Pertama ke perangkat mereka dan diberitahu untuk mulai berburu di sekitar sekolah untuk kode QR yang tersisa.
  3. Pemenangnya adalah tim pertama yang kembali dengan jawaban paling benar dalam waktu yang tersedia.
Contoh Video


C. TIPS / IDE LAINNYA
  1. Tim penghargaan SATU poin untuk setiap pertanyaan yang berhasil mereka decode, dan dua poin lagi untuk setiap jawaban yang benar yang mereka berikan.
  2. Siswa di setiap tim yang tidak memiliki akses ke perangkat seluler dapat bertanggung jawab atas jawaban penelitian / memburu kode QR lain untuk tim mereka.
Share:

VISI SMPN 1 CIKAKAK

TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAHLAKUL KARIMAH, BERPRESTASI, ANTUSIAS DAN RELIJIUS

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive


Recent Posts

Tags

Recent Comments

Followers