BLOG NYA PA ENDANG MUHTADIN

Senin, 06 Februari 2017

Teknologi Informasi di Sekolah

Perkembangan  Teknologi Informasi telah banyak merubah paradigma dalam berbagai bidang kehidupan. Lihatlah revolusi di bidang Perbankan   sejak mereka menerapkan sistem terkomputerasi.  Begitu juga di bidang – bidang lainnya sudah terjadi revolusi yang begitu menakjubkan . Saat ini begitu mudahnya jika kita ingin mengisi pulsa HP, membeli tiket, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan bidang pendidikan ? Sudahkah sekolah dan guru-gurunya melakukan revolusi yang sama?
Sekolah harusnya seperti sebuah bank, dimana semua kegiatan pengolahan data dan informasi terintegrasi dalam sebuah sistem terkomputerasi. Dengan demikian semua stake holder bisa memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Ketika murid ingin mengakses materi pembelajaran misalnya, Ia bisa memperolehnya dengan mudah. Atau ketika orangtua siswa ingin mengakses data kehadiran atau nilai anak-anak mereka, mereka bisa mendapatkannya dengan cepat.
Nampaknya dunia pendidikan belum mampu menerapkan sistem terkomputerasi secara terpadu dan menyeluruh saat ini. Banyak hambatan khususnya dalam hal kesiapan sumber daya manusianya.
Guru, sebagai salah satu elemen utama tentunya harus menyiapkan diri jika era sistem terkomputerasi bidang pendidikan tiba. Pada era tersebut konten-konten pembelajaran harus tersedia dalam bentuk digital. Guru dituntut untuk mampu membuat konten atau media pembelajaran digital yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran .

Buku ini akan membantu guru dalam membuat media pembelajaran digital yang menarik, informatif, dan interaktif. Media pembelajaran yang mengandung unsur audiovisual dan memungkinkan terjadinya interaksi dengan siswa, sehingga siswa dapat terlibat baik emosional maupun intelektual. Media pembelajaran seperti ini sering disebut sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Kelebihan MPI adalah Media ini bisa digunakan sebagai modul belajar mandiri oleh siswa dimana saja kapan saja.
Share:

0 coment�rios:

Posting Komentar

VISI SMPN 1 CIKAKAK

TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAHLAKUL KARIMAH, BERPRESTASI, ANTUSIAS DAN RELIJIUS

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive


Recent Posts

Tags

Recent Comments

Followers